Kerusakan Hati



Penyebab utama kerusakan hati:


* Tidur terlalu larut dan bangun terlalu siang adalah penyebab utama.

* Tidak buang air kecil pada pagi hari.

* Terlalu banyak makan.

* Tidak sarapan.

* Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

* Terlalu banyak mengkonsumsi zat-zat yang mengandung bahan pengawet, bahan tambahan, pewarna makanan, dan pemanis buatan.

* Mengkonsumsi minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi pemakaian minyak goreng, bahan minyak terbaik sekalipun seperti minyak olive. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng saat sedang lelah, kecuali jika kondisi tubuh sangat fit.

* Mengkonsumsi bahan makanan mentah (setengah matang). Sayur-sayuran boleh dimakan mentah atau dimasak. Sayur-sayuran yang dimasak harus dimakan habis hari itu juga. Jangan menyimpan sayur yang telah dimasak.

Kita harus mencegah kerusakan hati tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Kita hanya perlu mempraktekkan pola hidup dan pola makan yang sehat. Mempertahankan pola makan yang baik dan waktu yang teratur sangat penting untuk tubuh kita sehingga tubuh dapat menyerap dan membuang zat-zat kimia yang tidak berguna sesuai 'jadwalnya'.

Karena:

Malam pukul 9 - 11 p.m.:
Adalah waktu untuk membuang zat-zat racun (detoksifikasi) dari sistem antibodi (dalam kelenjar getah bening). Dalam durasi waktu ini sebaiknya kita beristirahat atau mendengarkan musik. Jika dalam waktu ini seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi tidak rileks, seperti mencuci piring atau mengawasi anak-anaknya mengerjakan pekerjaan rumah, maka hal tersebut dapat membawa akibat buruk bagi kesehatan.

Malam pukul 11 p.m. - 1 a.m.:
Adalah proses detoksifikasi pada hati, dan sebaiknya pada saat itu kita dalam kondisi tidur.

Malam pukul 1 - 3 a.m.:
Adalah proses detoksifikasi dalam kantung empedu, juga sebaiknya pada saat itu kita dalam kondisi tidur.

Fajar pukul 3 - 5 a.m.:
Adalah proses detoksifikasi dalam paru-paru. Oleh karena itu, kadang-kadang akan ada batuk sedikit pada penderita batuk pada durasi waktu ini. Ketika proses detoksifikasi ini mendekati sistem pernapasan, kita tidak perlu makan obat batuk sehingga tidak akan mengganggu proses pembuangan racun.

Pagi pukul 5 - 7 a.m.:
Adalah proses detoksifikasi dalam usus besar, kita sebaiknya mengosongkan usus kita (buang air besar).

Pagi pukul 7 - 9 a.m.:
Adalah proses penyerapan nutrisi dalam usus kecil, kita sebaiknya sarapan pada waktu ini. Sarapan sebaiknya lebih cepat, sebelum pukul 6.30 untuk orang-orang yang sedang sakit. Sarapan sebelum pukul 7.30 akan sangat berguna bagi mereka yang ingin tetap fit. Bagi mereka yang selalu melewatkan waktu sarapan, seharusnya mereka mengubah kebiasaan tersebut, dan masih lebih baik untuk sarapan terlambat pada pukul 9 - 10 a.m. daripada tidak sama sekali.

Tidur terlalu larut dan bangun terlalu kesiangan akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat kimia tidak berguna. Di samping itu, tengah malam sampai pukul 4 a.m. adalah saat dimana tulang sumsum memproduksi darah. Oleh karena itu, tidurlah yang cukup dan jangan tidur terlalu larut.


JAGALAH KESEHATANMU...
DAN TERUSKAN PESAN INI KEPADA ORANG-ORANG YANG KAU SAYANGI...



Sumber: Tidak diketahui/Email dari teman.


Tidak ada komentar: