Saat Makan di Luar ...

Dalam seminggu, berapa kali Anda makan bersama keluarga di luar rumah? Hati-hati, karena di tengah suasana rekreasi, Anda dan keluarga cenderung memanjakan diri dan makan berlebihan. Agar acara makan di luar tidak mengganggu kesehatan anggota keluarga, Anda bisa menerapkan beberapa trik berikut ini:

* Konsumsi beragam makanan.
Tubuh dan indera perasa butuh variasi. Jadi usahakan memilih makanan yang secara seimbang terdiri dari protein (ikan, ayam, atau buncis jika Anda vegetarian), buah, sayuran dan karbohidrat.

* Waspadai porsi makanan.
Beberapa restoran cepat saji menawarkan paket-paket hemat dengan porsi lebih besar. Jangan tergoda karena porsi besar bisa menambah lemak dan kalori sampai 25%. Kalaupun tergoda, jangan habiskan sendirian dan berbagilah dengan anggota keluarga lain. Selain itu, sebaiknya minta pelayan restoran memisahkan saus dan dressing salad di tempat khusus sehingga bisa dinikmati beramai-ramai.

* Hindari gorengan.
Sebaiknya, pesan hidangan laut, daging ayam dan sapi tanpa lemak, atau kentang yang dibakar dan dipanggang daripada yang digoreng. Tak ada salahnya juga memesan menu khusus vegetarian. Untuk side dish, pilih salad dan sayuran ketimbang kentang goreng. Untuk pencuci mulut, pesan buah-buahan yang rendah lemak dan tidak terlalu manis, atau yogurt beku daripada es krim.



Sumber: RD Agustus 2006

Tidak ada komentar: