Petani dan Keledai



Suatu hari seekor keledai milik petani terjatuh ke dalam sumur. Keledai itu menangis selama beberapa jam sementara si petani mencoba mencari cara untuk menyelamatkannya. Akhirnya, petani berpikir: keledai itu sudah tua, dan sumur itu memang sebenarnya mau ditutup. Bukankah tidakrugi jika tidak menyelamatkan keledai?

Lalu petani itu memanggil semua tetangganya untuk datang dan menolongnya. Mereka semua membawa sekop dan mulai menggali tanah dan memasukkannya ke dalam sumur. Pada awalnya, keledai menyadari apa yang sedang terjadi dan menangis sejadi-jadinya. Kemudian, karena orang-orang tidak mempedulikannya, ia akhirnya diam.

Beberapa saat kemudian, petani akhirnya melihat ke dalam sumur. Dia terperanjat dengan apa yang dilihatnya. Pada setiap sekopan tanah yang menimpa punggung keledai, keledai itu melakukan sesuatu yang menakjubkan. Ia akan mengguncangkan badannya dan naik selangkah ke atas dari tanah yang jatuh.

Sebagaimana para tetangga petani itu menuangkan tanah ke dalam sumur dan jatuh menimpa punggung keledai, keledai itu akan mengguncangkan badannya dan naik selangkah ke atas. Pada akhirnya, semua orang takjub dengan usaha si keledai untuk naik ke atas, dan akhirnya dia dapat keluar dari sumur.

MORAL:

Dalam hidup ini selalu ada tanah yang ditimpakan kepada kita, semua bentuk masalah.
Cara untuk keluar dari sumur adalah mengguncangkan badan dan mengambil satu langkah ke atas.
Setiap masalah kita adalah batu loncatan.
Kita dapat keluar dari sumur terdalam dengan cara tidak berhenti, tidak pernah menyerah!
Guncangkan semua masalah dan ambilsatu langkah ke atas!

Ingatlah lima cara sederhana untuk menjadi bahagia:

1. Bebaskan dirimu dari kebencian - Belajar memaafkan.
2. Bebaskan pikiranmu dari kecemasan - Kebanyakan kecemasan yang Anda pikirkan itu tidak terjadi.
3. Hidup sederhana dan bersyukurlah dengan apa yang Anda miliki.
4. Banyak memberi/berdana.
5. Jangan mengharapkan sesuatu pada orang lain, tetapi berharaplah pada Tuhan.


Anda mempunyai dua pilihan... tersenyum dan menutup halaman ini, atau teruskan pesan ini kepada orang lain untuk berbagi pelajaran ini...



Sumber: FFO Group


Tidak ada komentar: