3 Jurus Menangkal Gosip

Diceritakan oleh Bapak Edi (HR SB).


Socrates adalah seorang ilmuwan Yunani yang terkenal akan kepandaian dan kebijaksanaannya.

Suatu ketika, seorang pria mendatangi Socrates. Pria itu berkata: "Socrates, ada yang ingin kusampaikan mengenai seorang temanmu."
Jawab Socrates: "Tunggu dulu. Sebelum Anda menyampaikannya, ada baiknya Anda menjawab 3 ujian saringan terlebih dahulu. Jika jawaban untuk pertanyaan itu lolos saringan maka Anda boleh mengatakannya."

"Yang pertama, apakah yang ingin Anda sampaikan itu adalah sesuatu yang benar?"
Pria itu menjawab, "Sebenarnya, hal yang ingin saya sampaikan itu saya dengar dari orang lain dan saya tidak mengetahui kebenarannya."
"Anda tidak tahu kebenaran hal itu, artinya Anda tidak lulus di saringan pertama."

"Ujian yang kedua, apakah hal yang ingin Anda sampaikan itu baik?"
Pria itu menjawab, "Yang ingin saya sampaikan adalah hal yang buruk mengenai teman Anda."
"Jadi, Anda ingin menyampaikan hal yang belum tentu benar dan hal yang buruk pula. Anda tidak lolos saringan yang pertama dan kedua. Tetapi, masih ada pertanyaan yang ketiga. Jika lolos, silakan beritahukan apa yang ingin Anda sampaikan."

"Apakah hal yang ingin Anda sampaikan itu bermanfaat?"
Jawab pria itu, "Saya rasa tidak ada manfaatnya."
"Anda ingin menyampaikan sesuatu yang belum tentu benar, tentang keburukan orang lain, dan hal itu tidak bermanfaat. Jadi, untuk apa Anda menyampaikan hal tersebut?"

Tidak ada komentar: