Manfaat Buah Kiwi


Tahukan Anda kalau buah kiwi sangat bagus untuk kulit? Selain untuk kecantikan, ternyata buah kiwi bagus juga untuk kesehatan. Salah satu contohnya adalah sebagai antioksidan. Buah kiwi ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak.

Kandungan vitamin C dalam buah kiwi lebih besar dua kali lipat dari buah jeruk dan 17 kali lipat dibanding apel. Selain itu, buah kiwi mengandung vitamin B1, B2, B6, dan E. Peran vitamin C dan E dalam buah kiwi berfungsi sebagai antioksidan, zat penangkal radiasi bebas penyebab penuaan, dan pencegah sel kanker. Tingginya kandungan vitamin C dalam buah kiwi menjadikan buah ini dapat mempertahankan tubuh dari serangan flu dan stres.

Buah kiwi juga mengandung serat yang tinggi, sehingga sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Kandungan asam folat-nya yang tinggi dan kaya vitamin C juga bermanfaat menghilangkan bintik hitam dan mengangkat kotoran.

Selain itu, dalam buah kiwi terkandung asam amino arginin dan glutamate. Arginin bersifat vasodilator atau penurunan tekanan darah dan membantu meningkatkan aliran darah. Asam amino ini juga terbukti mampu mengobati gejala impotensi ringan. Bahkan, asam amino pun bisa meningkatkan kemampuan berpikir seorang anak. Perlu diketahui, makanan yang dikonsumsi berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan otak. Karena itu, selain ikan yang memiliki asam amino yang cukup tinggi untuk kecerdasan, buah kiwi juga direkomendasikan sebagai makanan yang memiliki manfaat serupa dengan ikan.

Kandungan mineral esensial dalam buah kiwi juga sangat banyak, seperti kalium, kalsium, magnesium, seng, tembaga, mangan, dan fosfor. Mineral kalium dalam kiwi bisa mencapai 5,4 mg/kalori. Kalium berfungsi menjaga fungsi gerak reflek sistem saraf dan menjaga sistem otot. Mineral ini juga berperan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Sehingga buah kiwi mampu mencegah serangan jantung dan hipertensi.

Rasa buah kiwi yang manis bercampur sedikit asam, mampu memberikan kesegaran tersendiri saat dikonsumsi. Buah kiwi bisa disajikan dalam berbagai olahan, seperti puding, es krim, kue tart, atau yogurt. Seperti jenis buah-buahan lain, sebaiknya buah ini dikonsumsi saat masih segar, karena kandungan gizi yang ada di dalamnya belum hilang.

Perlu diperhatikan juga bahwa buah kiwi bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang. Biasanya berupa flek laksatif atau diare. Jadi, jangan makan terlalu berlebihan.



Sumber: Nakayoshi Lovely Kiwifruits.

Tidak ada komentar: