Mari Selamatkan Bumi



Hari ini, 22 April diperingati sebagai Hari Bumi. Seperti kita ketahui, udara yang kita rasakan semakin panas, banjir terjadi di mana-mana, dan cuaca kian tak menentu. Oleh karena itu, mari kita sayangi bumi kita.

Caranya:

1. Hemat Energi.
Matikan listrik yang tidak perlu dan gunakan lampu hemat energi.

2. Mulailah gerakan One Man One Tree.
Sekecil apapun tanah yang kita miliki, sekarang saatnya menanam pohon. Menanam pohon buah adalah pilihan yang tepat. Kalau nggak ada tanah, tanam di pot. Mengapa menanam pohon? Karena pohon bisa melindungi dari panas. Selain itu, pohon adalah sumber oksigen dan penyedot CO2. Pohon juga dapat berfungsi sebagai penyerap air hujan dan mencegah banjir.

3. Buang sampah pada tempatnya.
Jangan membuang sampah di selokan, sungai, atau di sembarang tempat. Membuang sampah sembarangan bisa mencemari udara dan tanah (bisa berpengaruh pada kesehatan) dan bisa menyebabkan banjir. Kalau bisa pisahkan antara sampah organik & non-organik supaya sampah lebih mudah diurai dan didaur ulang.

4. Kurangi penggunaan bahan plastik.
Plastik adalah bahan yang tidak bisa diurai. Solusinya gunakan bahan-bahan dari alam seperti kertas atau kayu untuk keperluan sehari-hari. Kurangi penggunaan kantong plastik, kalau perlu bawa tas yang besar ketika berbelanja, atau bawa sendiri kantong plastik dari rumah. Gunakan kantong plastik yang masih bisa dipakai berkali-kali sehingga bisa mengurangi sampah plastik.

5. Kurangi pemakaian kendaraan bermotor karena bikin polusi.
Alternatifnya bisa naik busway atau angkot yang pakai Bahan Bakar Gas. Kalau jaraknya dekat, naik sepeda atau jalan kaki saja.



Sumber: Sumatera Ekspres 22 April 2010.

Tidak ada komentar: