Telur Cangkang Putih dan Cokelat

Mengapa ada telur-telur yang bercangkang putih dan cokelat?
Para ilmuwan telah menemukan bahwa warna cangkang telur terbentuk secara genetik, namun masih belum diketahui apakah pigmen tersebut terdapat dalam darah ayam betina atau kelenjar cangkang telur.

Banyak induk ayam berbulu cokelat yang bertelur cokelat, tapi tidak selalu harus demikian. Yang pasti, ayam-ayam betina yang bertelur cokelat memiliki ciri-ciri fisik yang sama: cuping telinga mereka berwarna merah.
Dan unggas-unggas bercuping telinga putih menghasilkan telur bercangkang putih. Coba, deh, perhatikan sisi samping kepala unggas-unggas itu. Dengan mudah Anda dapat melihat sebuah lubang yang ditumbuhi bulu-bulu tipis. Nah, itulah cuping telinga unggas yang berupa pial berukuran sebesar koin.

Meskipun telur bercangkang cokelat dan putih memiliki kandungan nutrisi yang sama, telur bercangkang cokelat berharga lebih mahal di pasaran. Dulu, para peternak berusaha keras untuk menjadikan semua telur bercangkang putih karena lebih diminati. Kini, orang-orang malah berpendapat bahwa telur bercangkang cokelat lebih sehat.



Sumber: RD Apr 2005

Tidak ada komentar: